Peristiwa

30 Animator Terkemuka Indonesia Meriahkan Animpiade 2019

30 Animator Terkemuka Indonesia Meriahkan Animpiade 2019

Yogyakarta, Kuntum.id- Tiga puluh animator profesional Indonesia ‘turun gunung’ untuk berbagi pengalaman dalam Festival Animasi Indonesia Animpiade 2019, di Lantai 2 Jogja Expo Center (JEC), Jumat-Minggu (11-13/10/2019). Mereka yang datang itu tidak hanya dari seputaran Jakarta dan Bandung yang selama ini dikenal sebagai ‘pabrik’ animator.

“Sudah ada 30 animator profesional dan terkemuka di Indonesia yang bakal mengisi talkshow ataupun master class di Animpiade 2019, diantaranya Gaga Nugraha pembuat computer graphics film Wiro Sableng, Adittoro dari The Little Giantz yang memproduksi Nusa dan Rara, hingga Chandra Endropoetra yang menggarap Si Unyil dan Petualangan Didi Tikus. Hadir juga animator internasional Dansky Tang yang merupakan dosen California Arts,” ujar Direktur Animpiade Hanitianto Joedo kepada rekan-rekan media usai melakukan pembukaan Festival Animasi Indonesia Animpiade 2019, Jumat (11/10/2019).

Joedo mengungkapkan, keseluruh animator tersebut hadir secara sukarela ke perhelatan Animpiade 2019. Mereka menyempatkan waktunya demi berbagi kisah dan pengalamannya, mulai dari segi produksi sampai pengolaan bisnisnya. Menurut Joedo, hal itu dilakukan para animator profesional tersebut demi memajukan dunia animasi di Indonesia.

“Selain di talkshow dan master class mereka juga siap diajak ngobrol dan berbagi kisah seputar dunia animasi.  Ini kesempatan yang besar untuk mengulik ilmu dari animator profesional, jadi kalau lihat animator itu lagi jalan atau lihat-lihat bisa langsung disamperin aja,” tutur Joedo.

Plt. Kasubdit Industri Software dan Konten Kemenperin Agus Kurniawan mengatakan, sangat mendukung terselenggaranya Animpiade 2019. Pihaknya pun berharap Festival Animasi Indonesia Animpiade dapat terus hadir setiap tahunnya.

“Diharapkan dengan festival animasi ini dapat membangun apresiasi masyarakat terhadap animasi serta memberikan inspirasi dan motivasi. Semoga seluruh materi yang disampaikan juga dapat menmbah wawasan di berbagai aspek industri animasi,” paparnya dalam sambutan pembukaan Animpiade 2019.

Selain itu, Agus pun berharap Animpiade 2019 benar-benar menjadi wadah untuk berjejaring dengan para animator dari berbagai daerah. Terlebih pada perhelatan kali ini juga terdapat animator asal Amerika Serikat yang turut hadir.

“Event ini menjadi wadah berjejaring para animator untuk mendapatkan dukungan berbagai pihak dan bersama-sama dapat memajukan indutri animasi,” tegasnya.

Kepala Dinas Kominfo DIY Rony Primanto Hari yang turut hadir dalam pembukaan pun turut mendukung penuh terselenggaranya Animpiade 2019. Bahkan, pihaknya pun sangat berharap festival animasi ini dapat menjadi ikon baru dari Jogja.

“Kominfo sangat menyambut baik kegiatan kreatif ini karena pada dasarnya Kominfo sangat konsen dengan kegiatan yang menggunakan teknologi. Semoga acara ini juga bisa menjadi Ikon Jogja,” jelasnya. (Red)

Post Comment