Majalah Inspirasi kaum muda

Uniknya Wisata Edukasi Jam Matahari Baron Techno Park

wisata edukasi Jogja
Sisi lain pantai baron yang menarik dijelajahi.
Uniknya Wisata Edukasi Jam Matahari Baron Techno Park

Pesona laut memang tak pernah redup untuk dibahas keindahannya. Yogyakarta, menyimpan beragam keindahan alam dan aneka wisata, salah satunya adalah Baron Techno Park. Pantai di pesisir selatan Jawa ini memang tidak pernah bosan untuk dikupas. Baron Techno Park terletak di desa Planjan, Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta yang bersebelahan dengan pantai Baron.

Baron Techno Park merupakan kawasan pusat penelitian dan pengembangan teknologi terbarukan dari Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP). Baron Techno Park sendiri didirikan pada tahun 2009, atas hibah dari NORAD-Norwegia sebuah lembaga pengembangan lingkungan dari Norwegia yang bekerjasama dengan Indonesia. Tempat ini kerap digunakan untuk saran uji terap, wisata edukasi dan teknologi pemanfaatan energi baru, Sob. Ada banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari di sini, misalnya saja Solar Panel, menara kincir angin, pembibitan tanaman energi, wind and wave turbin, ada juga kebun buah naga dan masih banyak lagi.

Salah satu yang paling menarik para wisatawan adalah Jam Matahari. Untuk menuju ke Jam Matahari, kita harus melewati jalan setapak yang menanjak terlebih dahulu, Sob. Cara kerja Jam Matahari ini cukup mudah. Dengan mengandalkan sinar matahari, maka kita akan bisa melihat di angka berapa bayangan tugu miring tadi jatuh. Tentu saja Jam Matahari ini memiliki pengelolaan tata ruang serta keunggulannya sendiri.

Jam Matahari ini berada di tempat tertinggi dari kawasan wisata Baron Technopark. Jam Matahari ini bentuknya sangat sederhana, hanya sebuah lingkaran dengan angka-angka romawi dan tugu miring sebagai jarum jamnya. Di sini kamu bisa belajar membaca waktu dengan cara yang berbeda melalui Jam Matahari. Dari Jam Matahari, Sobat Kuntum bisa melihat keindahan tebing Pantai Parangcuruk, apalagi jika kalian datang saat sunset. Dijamin bakalan takjub dengan keindahannya!

Nah, untuk masuk ke Baron Techno Park ini gratis, kamu cukup bayar parkir untuk motor Rp.2000 serta mobil Rp.5000, harga yang sangat terjangkau kan Sob. Untuk kunjungan resmi, kalian bisa datang pada hari Senin-Jumat  jam 07.30-16.00 WIB dan untuk kunjungan biasa kamu bisa datang setiap mulai jam 6 pagi. Gimana, Sob? Langsung aja atur jadwal liburanmu, ya!