Majalah Inspirasi kaum muda

Bawa Bekal ke Sekolah : Manfaat atau Ribet?

bawa bekal ke sekolah

bawa bekal ke sekolah

Kalian tim bawa bekal atau jajan di kantin, sob?

Masa sekolah adalah masa yang begitu padat dengan berbagai macam kegiatan. Sebagian besar kegiatan tersebut banyak kita lakukan di sekolah, sehingga waktu kita di rumah semakin singkat. Sehingga tak jarang mereka yang gak bawa bekal menghabiskan uang untuk membeli  makanan demi mengisi isi perut yang keroncongan.

Mari kita bayangkan, misalnya saja sekali jajan itu 10.000 dan dalam sehari di sekolah kita  2 kali membeli jajan sehingga jumlah pengeluaran dalam sehari itu sebanyak 20.000, belum lagi dikali selama sebulan, jumlah yang lumayan banyak, sob! Padahal uang sebanyak itu bisa kita gunakan untuk ditabung atau dimanfaatkan untuk sesuatu yang lain-lain.

Nah, buat mengatasi hal semacam itu, kita bisa bawa bekal ke sekolah buat penghematan pengeluaran. Diantara Sobat Kuntum sekalian, ada nggak yang kepikiran buat bawa bekal ke sekolah? Jadi sob, bawa bekal ke sekolah itu banyak manfaatnya loh. Emang agak ribet sih, tapi, apasih yang nggak kalo hal itu menuai banyak manfaat buat kita. Iya nggak?

Tahu nggak Sob, ketika kita bawa bekal ke sekolah, selain bisa menghemat pengeluaran, kita bisa mendapatkan makanan yang sehat dan juga higenis. Ketika temen-temen yang lain beli jajanan yang belum jelas asal-usul bahannya, kita menyantap bekal yang dibawa dari rumah yang sudah terjamin kebersihannya dan tentunya lebih sehat.

Dengan bawa bekal, kita juga bisa menjaga pola makan menjadi lebih teratur. Ketika kita disibukkan dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan di sekolah, kita nggak perlu repot-repot buat beli makanan di luar karena takut waktunya nggak cukup, namun kita cukup menyantap bekal yang dibawa. Simpel, kan? Bawa bekal ke sekolah itu juga bisa menghemat waktu, karena ketika temen yang lain mengantre buat beli makanan di kantin, kamu cukup membuka bekal yang kamu bawa dan tinggal melahapnya.

Eittsss, jangan lupa buat berbagi bekalmu sama temen yah, biar makin akrab hehe. Dengan membawa bekal kita bisa melatih sisi kreatif kita dengan menyiapkan serta menghias bekal yang akan dibawa ke sekolah sesuai dengan porsi makan dan selera kita.

Oke, Sob, gimana? Setelah tahu manfaat-manfaat bawa bekal ke sekolah, ada yang berfikir buat mengurangi beli jajanan dan mulai membawa bekal dari rumah?

Komentar

Salsa Putri Sadzwana ( SMA Sultan Iskandar Muda Medan)

“Kalo aku bawa bekel biar irit soalnya kan uang buat beli jajan bisa ditabung, apalagi bawa bekel dari rumah cenderung lebih sehat.Banyak banget kok yang bawa bekel, gak cuman cewek yang cowok juga terus kalo istirahat biasanya kita makan bareng gitu di kelas bisa tukeran lauk juga.”

Anggi Kurnia Lestari (SMAN 2 Pringsewu)

“Aku masih bawa bekal sampe sekarang,  alasan pertama ibu aku gakmau aku makan sembarangan diluar, kedua biar lebih irit karena sekolahku istirahat sampai 3 kali dan pulang sekolah sampai sore jadi butuh bawa bekal kalo aku.”

Bingkassiwi Rofiaturrosyidah (SMAN 1 Karanganom)

“Aku gak ada alasan khusus buat bawa bekal cuman karena disuruh ortu aja gak enak kalo nolak, tapi kalo dipikir-pikir sih bawa bekel tuh biar gak makan sembarangan.”

Ratu Janisa Gamasiwi (SMAN 4 Purwokerto)

Aku masih suka mbawa bekal ke sekolah. Setiap hari malah. Karena saya ingin berhemat, uang yang biasanya kita pakai buat jajan, bisa saya tabung buat kedepannya. Jadi saya tidak boros.

Afif Dzulfiqar ( SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta)

“Saya tidak bawa bekal ke sekolah. Karena bekal itu bisa memberatkan beban tas yang sudah penuh buku. Bicara manfaatnya, bawa bekal ke sekolah bisa mencegah anak-anak dari membeli jajanan yang kurang sehat.”

Penulis : Sobat Kuntum

Editor : Hammam Izzuddin

Ilustrasi : Nimal Maula