Majalah Inspirasi kaum muda

Deretan Virus Penyebab Pandemi Sebelum Covid-19

Pandemi Covid-19 sedang menjalar ke seluruh dunia pada paruh pertama 2020 ini. Pandemi sendiri sebuah penetapan jika sebuah virus memenuhi tiga kondisi berikut: munculnya penyakit baru pada penduduk, menginfeksi manusia dan berdampak fatal.

Tapi Sob, jauh sebelum virus corona atau yang lebih ilmiahnya disebut dengan Covid-19 ini membuat geger seluruh dunia, ada lima virus yang terlebih dahulu pernah menyebabkan pandemi dengan tingkat keganasan yang bermacam-macam pula. Corona tidak berdiri sendiri, ia bahkan lahir dari salah satu virus-virus ini. Yuk, kita mengenal lima virus lain selain corona:

  1. SARS

Penyakit SARS atau yang dikenal dengan nama Severe acute respiratory syndrome, bagaikan kakak-beradik dengan Covid-19. Pasalnya keduanya sama-sama menyerang saluran pernafasan dengan kata lain SARS juga merupakan salah satu jenis Coronavirus. Tidak hanya memiliki induk yang sama, SARS juga dapat ditularkan melalui cairan dari penderita seperti air liur, batuk, hingga bersin.  Penyakit ini pertama kali menginfeksi manusia pada tahun 2002 di Guangdong, China kemudian menyebar ke beberapa negara salah satunya, Indonesia.

2. MERS

Lengkap sudah jika MERS, COVID-19 dan SARS disandingkan, tiga serangkai yang bisa menyerang pernafasan manusia. MERS juga termasuk dari jenis Coronavirus Sob. Lalu bagaimana perbedaan antara MERS dan SARS? MERS sendiri diduga ditularkan dari unta berpunuk, berbeda dengan SARS dimana hewan luwak yang menjadi tersangka penularannya. Jika SARS ditemukan di China, MERS mewabah pertama kali di Timur Tengah tahun 2012. Rajin mencuci tangan dan menjaga jarak adalah cara untuk tidak menularkan dan tertular virus ini.

3. Flu Spanyol

Perang tidak hanya menyisakan kemenangan dan kekalahan dari dua belah pihak namun juga pandemi yang bahkan disebut-sebut sebagai pandemi terparah di dunia. Bayangkan aja Sob, lebih dari tiga persen populasi manusia di dunia saat itu terbunuh.

Flu Spanyol bermula pada tahun 1918 ketika Perang Dunia I hampir selesai. Para tentara yang hidup bersama jauh dari kata higenitas pulang bersamaan ke negara mereka masing-masing tanpa tahu penyakit apa yang dibawa oleh tubuh mereka. Virus yang bisa menyebar lewat udara ditambah luasnya cangkupan pandemi menyebabkan angka kematian yang luarbiasa. Namun, walaupun namanya Flu Spanyol, asal usul penyebaran flu ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan.

4. Black Death

Dinamakan Black Death karena kulit penderita akan menghitam, biasanya di bagian jari tangan, jari kaki, atau ujung hidung. Kehitaman itu muncul akibat adanya jaringan yang mati. Black Death atau pes disebut meluluhlantakan seluruh kehidupan benua Eropa saat itu. Black Death membunuh sekitar 50 juta orang atau 60 persen dari populasi Eropa pada abad ke 14. Black Death sendiri disebabkan oleh bakteri yang ada pada kutu tikus. Tikus-tikus tersebut biasanya datang dari berbagai negara lewat kapal pedagang. Waduh, bahaya banget ya Sob?

5. Campak

Campak berbeda dengan cacar air loh Sob. Campak adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Paramyxovirus biasanya ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita atau lewat udara. Virus menginfeksi saluran pernapasan dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Jika tidak ditangani dengan baik, campak sangat berbahaya terutama jika penderitanya adalah balita, bahkan dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian. Jika kamu ingat-ingat lagi Sob, waktu berada di Sekolah Dasar kita sering mendapat kunjungan dari Puskemas untuk disuntik. Nah, campak sendiri dapat terjadi setiap 2-3 tahun sekali, maka dari itu suntik vaksin campak sangat penting.

Nah Sob, kelima virus ini bisa kita jadikan sebagai pelajaran bersama untuk lebih memajukan ilmu pengetahuan terutama di bidang kesehatan. Untuk kamu yang membaca ini dirumah, ingat bahwa kita tidak pernah menghadapi pandemi ini sendirian, masih ada berjuta-juta orang lain yang merasakan hal yang sama dari tempat tinggal mereka.

Penulis : Saraswati Nur Diwangkara