Thu. Feb 20th, 2020

Majalah Inspirasi kaum muda

Kisah Menarik Para Guru Inspiratif

Mereka adalah guru yang berusaha menciptakan inovasi bagi muridnya.
Kisah Menarik Para Guru Inspiratif

Guru selalu berusaha memberikan yang terbaik dan menginspirasi anak didiknya, sesusah apapun itu. Walaupun harus terhalang jalan yang berliku maupun fasilitas yang tidak selengkap di sekolah lain. Nah, Kuntum punya lima sosok guru inspiratif dari berbagai daerah di Indonesia yang pastinya membuat kita mengancungkan jempol karena kegigihannya menciptakan inovasi dalam mengajar.

1.FX. Heru Prasetya – Mengajar dengan Wayang

Keterbatasan fasilitas tidak membuat Pak Heru patah semangat ketika mengajar. Guru yang mengajar di SD Negeri Wonokerto 2, Probolinggo, Jawa Timur ini terpaksa mengajar rangkap kelas karena hanya terdapat tiga guru di sekolah tersebut. Agar efektif dan menyenangkan, Pak Heru menggunakan wayang untuk mengajar kelas IV dan VI SD. Caranya? Dua kelas tersebut digabungkan ke satu ruangan, dan Pak Heru mengajar sekaligus mendongeng lewat wayang. Selain menarik, inovasi Pak Heru ini tenyata juga bisa mengenalkan produk budaya asli Indonesia. Keren banget!

2. Masnanini – Bermusik dengan Alat Sederhana

Berbeda lagi dengan Heru, Masnaini yang juga merupakan guru kesenian di Gowa, Sulawesi meyakini bahwa musik tidak hanya diajarkan dengan teks semata namun butuh praktik langsung. Masnaini, membuat alat-alat dengan memanfaatkan tempurung kelapa dan gelas plastik minuman mineral yang diberi tutup botol dan magnet. Hal ini dimaksudkan supaya siswa mudah untuk mempelajari hal dasar dalam bermusik, seperti tangga nada, birama, dan menyusun tangga nada. Lagi-lagi kreativitas tanpa batas membuatnya bisa mengajar dengan cara yang asyik.

3. Muhammad Yusuf – Celemek Bercerita

Tidak hanya guru sekolah dasar, guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Jombang bernama Muhammad Yusuf, Jawa Timur menjadikan celemek sebagai medium bercerita kepada muridnya. Celemek yang lebih sederhana dan dapat dibawa kemana saja menjadi alasan Yusuf menjadikan celemek media pembelajarannya. Selain celemek yang dilukis, Yusuf juga menggunakan boneka kecil sebagai pelengkap dari celemek berceritanya.

4. Arizenjaya – Alat Pengukur Energi Berwarna

Pelajaran Fisika yang identik dengan kata ‘sulit’ disulap menjadi hal yang menyenangkan di tangan Arizenjaya. Beliau membuat sebuah alat pengukur energi benda yang setiap bendanya memiliki warna yang berbeda-beda. Alat yang diberi nama Instrumen Termodinamika Arizenjaya ini bekerja berdasarkan prinsip-prinsip termodinamika. Bahkan alat ini sudah mengantongi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) oleh pemerintah, loh!

5. Diana Indrawati – Big Book

Bagi Diana, belajar dari buku saja tidak cukup untuk membuat para siswanya mengerti secara utuh ilmu yang ia sampaikan, hal tersebut mendorong Diana untuk menciptakan big book yaitu buku dengan gambar yang memudahkan siswa untuk memahami berbagai pelajaran. Untuk membuat satu buat big book, Diana mengawalinya dengan mencari topik-topik yang dekat serta sudah dikenali siswa sehingga dapat memasukkan unsur pelajaran disana. Sampai saat ini Diana sudah membuat tiga big book untuk kegiatan belajar mengajarnya.

Gimana, Sob? Keren banget kan lima sosok guru menginspirasi diatas. Semoga buat kalian yang bercita-cita menjadi guru bisa sehebat atau bahkan lebih hebat dalam menciptakan ide-ide kreatif yang pastinya membuat kegiatan belajar mengajar kalian kelak lebih menyenangkan untuk dipelajari!

Penulis : Saraswati N