Majalah Inspirasi kaum muda

Nikmati Deretan Museum yang Bisa Kamu Kunjungi Secara Virtual Saat Wabah Covid-19

Merasa bosan saat social distancing saat wabah covid-19 melanda memang hal yang sangat wajar. Meski hampir semua tempat wisata ditutup, namun kini sejumlah museum menyediakan layanan virtual untuk menikmati koleksi benda bersejarahnya.

Museum dikenal sebagai tempat wisata sekaligus wahana belajar sejarah. Kali ini Kuntum akan rangkumkan tujuh museum dari berbagai belahan dunia yang bisa dinikmati sambil rebahan di rumah.

  1. The British Museum, London

The British Museum tercatat sebagai museum dengan koleksi terpenting dan terlengkap bagi sejarah peradaban manusia dari seluruh penjuru dunia. Bahkan nih Sob, The British Museum menjadi lokasi kedua bagi pemerhati kebudayaan Mesir Kuno karena koleksinya yang berjumlah lebih dari 100.000 buah! Keren banget kan? Dalam online exhibit-nya, kita bisa menikmati 45 koleksi cerita dari The British Museum. Jadi enggak sabar berkunjung kesini!

2. Guggenheim Museum, New York

Salah satu museum yang menghadirkan karya-karya seni kontemporer atau modern di New York. Guggenheim sendiri merupakan nama belakang pendiri museum ini yaitu Solomon R. Guggenheim. Berbeda dari The British Museum, karya yang ada di Guggenheim mungkin membuat kita mengernyitkan kening karena bentuknya yang tidak biasa. Jangan khawatir jika tidak paham Sob karena pihak museum menyediakan penjelasan lengkap tentang karya-karya yang dipamerkan.

3. Musee d’Orsay, Paris

Apa kamu pernah mendengar nama seperti Monet dan Van Gogh? Ya, dua-duanya merupakan pelukis dunia yang sangat terkenal. Jika kamu ingin melihat karya keduanya silakan berkunjung secara virtual ke museum Musee d’Orsay. Bentuknya yang unik disebabkan karena bangunan awalnya yang dulu merupakan sebuah stasiun kereta api di dekat sungai Seine, Paris. Selain, bisa melihat bermacam-macam koleksi lukisan, kita juga disuguhi oleh sejarah bagaimana sebuah stasiun kereta api bisa disulap menjadi museum seni yang berkelas. Keren banget!

4. National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul

National Museum of Modern and Contemporary Art atau MMCA bisa dikatakan sebagai representatif karya seni modern yang ada di Korea Selatan. Berbeda dari museum-museum sebelumnya, MMCA tidak hanya berada di satu lokasi saja, melainkan ada empat cabang yang berbeda-beda. Tidak hanya lukisan, MMCA juga memiliki instalasi seni yang daebak abis. Kamu juga bisa kok ‘berjalan-jalan’ di keempat cabang dari MMCA.

5. Pergamon Museum, Berlin

(sumber: Raimond Spekking)

Pergamom Museum memiliki beberapa situs sejarah dari perabadan seperti Altar Pergamon milik bangsa Mesopotamia yang dikenal memiliki teknologi maju, Gerbang Islar milik kerajaan Babylonia dimana merupakan gerbang yang mengarah ke kerajaan tersebut hingga tiang Mshatta pada masa bani Ummayah. Karena memiliki koleksi yang mencerminkan keberagaman kejayaan simbol agama, Pergamom Museum menjadi museum yang paling sering dikunjungi wisatawan saat pergi ke Jerman. Kamu tertarik?

Penulis : Saraswati Nur Diwangkara