Majalah Inspirasi kaum muda

Bertempat di Pontianak, Pembukaan Tanwir IPM 2019 Bercorak Serba Melayu

Tanwir IPM 2019

Tanwir IPM 2019

Pontianak, KUNTUM.id- Corak khas melayu nampak kental pada pembukaan Tanwir PP IPM 2019 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat
Bertempat di Pontianak, Pembukaan Tanwir IPM 2019 Bercorak Serba Melayu

Pontianak, KUNTUM.id- Corak khas melayu nampak kental pada pembukaan Tanwir PP IPM 2019 di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat. Hal itu ditunjukkan dari penampilan seni musik, drama musikal, hingga kostum serba melayu yang ditampilkan sesaat sebelum acara resmi dibuka pada Jumat (15/11/2019) pagi.

Drama musikal tentang sejarah Pontianak ditampilkan pelajar SMA Muhammadiyah 1 Pontianak pada awal. Tawa terdengar ramai karena kelucuan yang dibawakan oleh penampil tersebut.

“Drama yang ceritain sejarah Pontianak tadi lucu sih, pengisi suaranya kocak dan kostumnya unik,” ungkap Alvis Falaqi, salah satu pelajar yang hadir dalam acara.

Selanjutnya ada penampilan nyanyian berbahasa melayu dan musik angklung setelahnya. Semua penampilan tersebut dibawakan oleh pelajar Muhammadiyah Kota Pontianak.

Selain dari penampilan, corak melayu nampak dari dekorasi acara hingga busana yang dikenakan panitia lokal IPM Kalimantan Barat pada Tanwir 2019 kali ini. Busana tersebut disebut Teluk Belanga dan merupakan pakaian khas Kalimantan Barat.

“Panitia lokal memang diinstruksikan untuk mengenakan pakaian adat ini, ” ungkap Muhammad Nursyalam (16) salah satu panitia lokal Tanwir IPM 2019.

Selain rangkaian sambutan dan penampilan hiburan, Tanwir PP IPM kali ini juga meresmikan aplikasi pelaporan kegiatan merokok di lingkungan yang seharusnya bebas asap rokok. Aplikasi ini diinisiasi oleh Tobacco Control (TC) PP IPM, sebuah lembaga kampanye anti rokok di kalangan pelajar.

Penulis : Hammam Izzuddin