Majalah Inspirasi kaum muda

Pesona Kepulauan Derawan Kepingan Keindahan di Ujung Kalimantan Timur

kepulauan derawan
Kalimantan Timur punya wisata bahari istimewa, mari menabung dan pergi kesana, sob.

Bagi Sobat Kuntum pecinta wisata bahari, mungkin sudah enggak asing dengan sejumlah destinasi favorit yang diidam-idamkan untuk dikunjungi. Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat menjadi rekomendasi sebagai lokasi terumbu karang terindah nomor dua dunia di bawah Hawai Amerika Serikat. Namun, ada banyak destinasi wisata laut yang keindahannya enggak kalah dari Raja Ampat ini, Sob.

Salah satunya adalah Kepulauan Derawan, Berau yang terletak di Kalimantan Timur. Sobat pastinya pernah mendengar tentang tempat wisata Derawan, kan? Nah, tempat ini merupakan pecahan surga bahari di Kabupaten Berau yang menjadi salah satu destinasi pariwisata paling diminati di Kalimantan, bahkan Indonesia. Saking indahnya, Kepulauan Derawan pernah menjadi calon Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005 silam. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, ya.

SURGANYA PARA DIVING DAN SNORKELING

Selama berada di Pulau Derawan, kamu bisa menikmatinya dengan berenang dan snorkeling sembari melihat terumbu karang yang indah dengan ratusan ikan warna-warni. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu berukuran besar yang sudah berusia puluhan tahun.

Memang, Derawan menjadi tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama di sepanjang Juli-September. Ada juga pilihan aktivitas lain yang tidak kalah menggoda, yaitu snorkeling dikelilingi ubur-ubur tanpa sengat di Pulau Kakaban. Pulau Kakaban juga memiliki laguna tenang dengan air yang jernih membiru atau sering disebut Kehe Daing. Oh iya, Kepulauan Derawan sendiri terdiri atas beberapa pulau yakni, Pulau Derawan, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, dan Pulau Biduk-Biduk.

HABITAT PENYU TERBESAR DI INDONESIA

Selain keindahan alamnya, di Maratua yang masih masuk ke dalam kawasan Kepulauan Derawan ini menjadi lokasi bertelurnya penyu hijau terbesar di Indonesia. Hewan ini terlihat banyak berenang di kedalaman laut Maratua sambil mencari makanan.

Maratua memang merupakan salah satu kawasan di Indonesia yang menjadi tempat favorit penyu untuk bertelur dan mencari makan. Berbagai spesies penyu bertelur di pulau ini, contoh yang terbanyak adalah penyu sisik serta penyu hijau. Banyaknya jumlah penyu yang singgah ke pulau ini, Maratua bahkan disebut-sebut sebagai Turtle Capital of Indonesia.

TIPS DAN TRIK

Untuk menuju Pulau Derawan, kamu bisa masuk dari Kota Berau atau Tarakan, karena keduanya adalah kota terdekat dengan Pulau Derawan yang memiliki lapangan udara. Tapi, Tarakan adalah pilihan yang lebih efisien untuk menuju Pulau Derawan, karena tiket pesawat ke sana lebih murah dibandingkan ke Berau.  

Sayangnya, tidak ada kapal reguler yang langsung menuju Pulau Derawan. Karena itu, sebaiknya kamu mengajak rombongan yang cukup besar untuk pergi ke Pulau Derawan supaya kamu bisa patungan untuk menyewa speedboat dari Kota Tarakan.

Setelah tiba di Pulau Derawan, kamu bisa memilih tipe akomodasi yang diinginkan sesuai bujet dan keinginan kamu. Meskipun jumlah cottage masih terbatas, tapi ada lebih dari 100 rumah warga yang dijadikan penginapan atau homestay untuk turis.

Nah, gimana Sobat Kuntum? Semakin tertarik datang ke Kepulauan Derawan? Happy traveling, ya! (Artikel ini pernah dimuat di majalah Kuntum edisi Juni 2019)