Majalah Inspirasi kaum muda

Rekomendasi 7 Film Tentang Persahabatan, Cocok Buat Pelajar!

7 film persahabatan

Ilustrasi : Nimal Maula

Deretan film ini bakalan bikin kamu belajar arti persahabatan.

Bagi  beberapa dari kita, film merupakan salah satu alternatif hiburan yang tepat untuk dinikmati jika kamu sedang suntuk. Jenis-jenis film juga beragam, ada yang horor, komedi, keluarga hingga persahabatan. Kali ini untuk merayakan Oscar, Kuntum akan memberikan tujuh rekomendasi film persahabatan yang bisa kamu tonton bersama teman, gebetan sampai keluarga:

  1. Spirited Away

Film ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang keren abis bernama Chihiro. Ia berusaha menyelamatkan kedua orangtuanya yang dikutuk menjadi babi ketika tidak sengaja masuk ke dimensi dunia lain. Chihiro yang akhirnya harus terpaksa bekerja di dunia jin (alias dunia roh) bertemu dengan siluman-siluman baik hati yang membantunya untuk bertahan demi menyelamatkan orang tuanya.

2. Okja

Jika Spirited Away mengisahkan persahabatan seorang anak manusia dengan bangsa jin, Okja sendiri merupakan film penuh haru yang mengajarkan kita bahwa binatang peliharaan dapat menjadi segalanya untuk pemiliknya. Seekor babi hasil mutasi genetik perusahaan Mirando, Okja, diambil paksa dari pemiliknya untuk dibawa ke New York karena berhasil memenangkan kontes babi terbaik yang akan dibawa ke penjagalan. Mija, sang pemilik, berusaha membawa Okja kembali ke rumah agar tidak menjadi santapan manusia. PS: Sutradara film ini Bong Joon-Ho loh!

3. The Boy In The Striped Pajamas

Manusia dengan jin sudah, manusia dengan hewan sudah, tetapi bagaimana jika persahabatan antar manusia yang dipisahkan oleh ideologi negara? Sepertinya kamu perlu menyiapkan banyak tisu Sob untuk film yang satu ini. Berlatar tahun 1940, ketika Jerman masih berada di ujung adidayanya. Putra dari seorang Komandan NAZI menjalin pertemanan dengan seorang anak laki-laki keturunan Yahudi yang tinggal di kamp konsentrasi tak jauh dari rumahnya.

4. Denias, Senandung Di Atas Awan

Menengok film lokal tentang persahabatan, rasanya aneh jika tidak merekomendasikan film yang satu ini. Impian seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak menjadi fokus cerita dari film ini. Denias yang mulanya dipandang aneh karena dianggap berbeda mulai menyadarkan teman-teman kelasnya bahwa tidak ada batas yang membedakan selama kita orang Indonesia. Oh iya, film ini pernah berhasil masuk seleksi regional dari kategori Film Berbahasa Asing perhelatan Oscar loh.

5. Garuda di Dadaku

Familiar dengan film yang satu ini karena sering ditayangkan di televisi? Olahraga memang dapat menyatukan banyak orang dari berbagai latar belakang, khususnya sepak bola terutama di Indonesia. Kecintaannya terhadap sepak bola membuat Bayu tidak menyerah pada impiannya menjadi pemain tim nasional U-13. Sahabat Bayu, Heri, memotivasi diri Bayu untuk pantang menyerah walau halangan menghadang terutama dari pihak keluarga.

6. Moonrise Kingdom

Pertemuan pertama pada pertunjukan di gereja menjadi awal persahabatan Sam Shakusky, anak dari perkemahan musim panas Khaki Scout, dengan Suzy Bishop. Keduanya intens surat menyurat setelah pertemuan itu, perlahan tapi pasti sedikit romansa ala anak remaja tanggung membuat mereka berdua memutuskan kabur dari pulau tempat mereka tinggal. Berhasil atau tidaknya mending langsung saja ditonton filmnya.

7. Hidden Figures

Pernah membayangkan siapa orang-orang dibalik pesawat luar angkasa? Kalau kamu pernah mempertanyakan hal barusan, film ini jawabannya. Menjadi seorang perempuan yang bekerja di tempat bergengsi yang didominasi laki-laki sudah tidak mudah, terlebih lagi jika kamu seorang minoritas seperti tiga matematikawan di film ini. Persahabatan Katherine, Mary dan Dorothy diuji mulai dari isu-isu rasial hingga tuntutan pekerjaan.

Gimana, Sob? Mulai tertarik untuk mencari judul film dari tujuh rekomendasi yang ada diatas? Jangan lupa, jika ingin mengajak adikmu untuk menonton, perhatikan dulu batas usia di fillmnya ya! Selamat menikmati rekomendasi Kuntum.

Penulis : Saraswati