Majalah Inspirasi kaum muda

PP IPM dan BPIP Adakan Dialog Tentang Pancasila Bersama Kelompok Masyarakat Kalimantan Barat

Tanwir IPM
Pontianak, KUNTUM.id - Badan Pembianaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengutarakan sembilan tantangan ideologi bangsa dalam agenda dialog bersama kelompok masyarakat dan komunitas di Hotel Ibis, Pontianak pada Jumat (10/11/2019).
PP IPM dan BPIP Adakan Dialog Tentang Pancasila Bersama Kelompok Masyarakat Kalimantan Barat

Pontianak, KUNTUM.id – Badan Pembianaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengutarakan sembilan tantangan ideologi bangsa dalam agenda dialog bersama kelompok masyarakat dan komunitas di Hotel Ibis, Pontianak pada Jumat (10/11/2019). Agenda ini terselenggara berkat kerjasama PP IPM dan BPIP dalam rangkaian Tanwir 2019.

Sembilan tantangan tersebut yakni ideologi lain, pergeseran nilai dan norma, pelemahan generasi bangsa, terorisme, radikalisme, separatisme, kesenjangan antar golongan, kerawanan sosial, hingga kemajuan teknologi.

Hermanus Msi dari Dirjen Kesbangpol Kalimantan Barat menekankan tentang pentingnya gotong royong demi menjaga pancasila dan mengatasi tantangan tersebut. Hal ini sejalan dengan tema acara yakni ‘Gotong Royong Membumikan Pancasila.’

“Mari bersama-sama membudayakan pancasila dengan prinsip gotong royong,” tegasnya.

Selanjutnya Hafiz Syafaaturrahman selaku Ketua Umum PP IPM menambahkan bahwa penanaman ideologi pancasila bagi generasi milenial tidak cukup dengan seminar-seminar. Ia menekankan pentingnya pendekatan kreatif melalui penyaluran hobi generasi milenial.

“Di IPM kami memiliki Rumah Kreatif Pelajar sebagai wadah pembentukan karakter melalui pendekatan kreatif,” ungkapnya.

Agenda ini sendiri diikuti oleh peserta Tanwir IPM dari berbagai daerah beserta kelompok masyarakat Kota Pontianak. Peserta berasal dari ragam kalangan dari usia pelajar hingga lanjut usia. Hadir pula perwakilan dari BPIP yakni Elvrida Herawati Siregar.

Penulis : Hammam Izzuddin