Majalah Inspirasi kaum muda

Inilah Penyebab Kriminalitas Pelajar Menurut Kak Seto

Pontianak, KUNTUM.id- Seto Mulyadi dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) angkat bicara perihal fenomena pelajar yang melakukan tindakan krimkriminal. Ia mengungkapkan bahwa perilaku menyimpang tersebut merupakan akibat dari pendidikan karakter yang keliru di dalam keluarga.

“Remaja yang melakukan kekerasan cenderung merasa wajar berlaku demikian karena telah mengalami perlakuan serupa, terutama dari didikan keluarga,” ungkap Seto seusai acara Seminar Kesehatan Anak di Aula LPMP Pontianak.

Tindak kriminalitas yang dilakukan remaja usia sekolah memang fenomena yang kerap terjadi di beberapa daerah Indonesia beberapa waktu ini. Tak jarang hal ini melibatkan pelajar Muhammadiyah. Salah satunya adalah meninggalnya Egy Hermawan dari SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta September 2019 silam.

Ia menambahkan bahwa kini sudah saatnya orang tua belajar pendekatan pada anak yang lebih membahagiakan. Kekerasan fisik maupun verbal pada anak akan berdampak buruk pada perilaku anak di masa depan. Sudah saatnya ini menjadi hal yang disiapkan pada pasangan sebelum berkeluarga.

“Jadi sekarang yang dibayangkan pasangan yang mau menikah kan seringnya bahagia-bahagianya saja. Padahal penting untuk belajar mengelola emosi dengan baik, ” tutup Seto.

Acara bertajuk ‘Seminar Kesehatan Anak dan Remaja’ ini menyoroti masalah kesehatan fisik dan mental. Selain Seto Mulyadi, hadir pula dr. Ramadhan Apdani yang membicarakan bahaya diabetes di kalangan remaja.