Majalah Inspirasi kaum muda

Tips Menghasilkan Uang Lewat Tulisan Bagi Pelajar

Tips Menghasilkan Uang Lewat Tulisan

Tips Menghasilkan Uang Lewat Tulisan

Masih pelajar namun sudah bercuan? Bisa kok.

Bisa menghasilkan uang dari jeri payah sendiri mungkin jadi salah satu hal yang menyenangkan. Meski masih duduk di bangku sekolah, sebenarnya ada banyak cara untuk bisa mulai melatih diri menghasilkan uang untuk menambah biaya jajan bahkan untuk ditabung. Salah satunya adalah dengan menulis, sebab kini telah banyak sekali sarana menghasilkan uang, termasuk bagi kalian yang masih bertatus pelajar.

Jenis tulisan yang biasanya diperuntukkan bagi pelajar dan remaja adalah cerita pendek, puisi, opini ringan, hingga komik. Tentu jenis-jenis tersebut terdengar taka sing bagi kalian kan sob? Nah, kali ini saya mau kasih Sobat Kuntum semua tips bagaimana menghasilkan uang dengan menulis.

1.Kirim tulisanmu ke media online

Sobat, enggak asing lagi dengan Kaskus.com? IDNTimes? Atau Mojok.co? Untuk yang belum familiar, bisa ditengok ke media-media barusan siapa tahu tertarik. Ketiga media diatas adalah sedikit contoh media yang menyediakan laman kepada pengguna untuk dapat menulis dan dimuat lewat kurasi. Sistemnya macam-macam Sob, tetapi kebanyakan menerapkan sistim jumlah pembaca. Uang baru bisa ditukar ketika jumlah pembaca menyentuh angka yang ditentukan. Wih, menarik banget kan?

2. Kolom di surat kabar

Selain mengirim tulisan di media online, kamu juga bisa mengirim tulisan ke media cetak (surat kabar, majalah, tabloid) yang ada di daerahmu bahkan di skala nasional. Majalah Kuntum salah satu yang sejak lama berkomitmen untuk memberikan peluang dan mengapresiasi pelajar untuk berkarya. Selain Majalah Kuntum juga masih banyak lagi,media cetak yang menawarkan kesempatan tersebut. Tentunya asalkan kalian mau banyak  membacanya.

3. Bikin buku sendiri

Nomor tiga mungkin kelihatannya serem banget kan Sob. Tenang, itu semua karena kita belum pernah mempraktikkannya, kalau belum sanggup bikin buku sendiri, kamu bisa keroyokan bareng teman-teman kamu yang emang punya tujuan yang sama yaitu bikin buku sampai selesai. Enggak perlu takut karyanya ditolak penerbit, sekarang sudah banyak kok penulis yang melakukan self-publish alias menerbitkan buku sendiri.

4. Ikut lomba menulis

Di era yang sudah serba canggih ini, mustahil bagi kita enggak cepat dalam menerima segala informasi. Bahkan sekarang sudah banyak akun-akun yang khusus untuk memposting khusus tentang lomba menulis. Mulai coba ikut dari lomba-lomba yang tidak memungut biaya Sob, semakin banyak tulisan kamu semakin kemampuanmu terasah. Tidak ada salahnya kan mencoba?

Tentu saja Sob dari empat tips diatas, kunci yang paling terpenting adalah jangan cepat puas dan jangan putus asa karena siapa tahu walaupun karya belum dimuat tetapi namamu dilirik oleh media-media lain. Dan kalau kamu ingin berkontribusi untuk menulis khususnya tema tentang pelajar, jangan lupa Kuntum selalu membuka kesempatan buat kamu yang ingin mengirimkannya! Tetap semangat, Sob.

Penulis : Saraswati Nur Diwangkara