Majalah Inspirasi kaum muda

Virus Corona Semakin Nyata, Berikut Tips Mencegahnya

Virus Corona

Virus Corona

Hari Senin (2/3), Presiden Indonesia Joko Widodo resmi mengumumkan dua orang Indonesia positif yang terkena virus corona atau COVID-19 seusai melakukan kontak dengan wisatawan Jepang. Keduanya saat ini sudah dirawat di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara dengan usia masing-masing 31 tahun serta 64 tahun.

Tenang dulu, Sob. Jangan panik, kepanikan ini bisa berisiko membuat kamu memakan mentah-mentah informasi yang cepat beredar di internet ataupun grup Whatsapp. Sebagai bekal, KUNTUM memberikan kiat mencegah virus corona yang bisa meningkatkan kewaspadaan kamu bukan kepanikan kamu. Langsung saja kamu simak!

1 . Rajin Mencuci Tangan

Setelah melakukan dan ingin memulai aktifitas apapun tolong sekali untuk mulai membudidayakan mencuci tangan tentu saja dong Sob pakai sabun. Inget ya pakai sabun, bukan hanya pakai air. Dilansir dari alodokter.com, setidaknya kamu mencuci tangan minimal 20 detik untuk mencegah penyebaran kuman. Bagaimana dengan hand-sanitazer? Ingat Sob, yang kita waspadai itu sebuah virus loh! Jadi, jika masih ada sabun dan air marilah kita cuci tangan dengan sabun. Oke?

2. Gunakan Masker bila Batuk dan Pilek

Masker mencegah penyebaran bakteri dari batuk dan pilek, jika dirasa merepotkan kamu bisa membawa sapu tangan dan tissue atau menutupi batuk dengan lengan baju. Setelah itu tentu saja jangan lupa mencucinya, Setelah batuk dan pilek jangan lupa tetap cuci tangan dan buang bekas tissue di tempat sampah, jangan buang sembarangan!

3. Perbanyak gizi dengan banyak mengonsumsi sayur serta buah

Sistim imun yang kuat dari tubuh kita melindungi diri untuk melawan virus-virus jahat yang datang. Sedikit-sedikit mulai tambah porsi sayuran dalam piring kita, bisa banget Sob kamu mulai membuat atau membeli jus buah. Tidak suka keduanya? Buka Youtube untuk mencari cara mengelola sayur dan buah yang paling kamu suka.

4. Tidak berpergian ke luar negeri

Ada konser di negara tetangga? Ada acara yang tidak bisa kamu lewatkan? Tiket pesawat lagi murah-murahnya? Urungkan dulu niatmu Sob karena kesehatan tetap prioritas nomor satu. Sama seperti badai, penyebaran virus corona pasti akan berlalu entah kapan waktunya jadi mohon sabar dulu Sob! Berada di luar negeri terutama tempat yang ramai orang berbeda negara dapat meningkatkan risiko penyebaran virus ini.

5. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup

Jangan biarkan tubuh kita lelah hanya karena begadang yang tidak sehat. Jika badan tidak sehat maka mudah mendatangkan virus yang akan menyerang tubuh kita apapun bentuknya. Olahraga juga penting Sob, bahkan sekarang banyak kok opsi berolahraga di atas kasur.

Terakhir, selalu jaga kebersihan dan kesehatan ya Sob! Bila kamu memiliki gejala-gejala klinis seperti demam, batuk/pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih atau lesu yang dirasa tidak wajar bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan terdekat