Majalah Inspirasi kaum muda

Zulkifli Hasan : Mengajari Muhammadiyah Pancasila Seperti Mengajari Ikan Berenang

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan Pembukaan Tanwir PP IPM 2019

Pontianak, KUNTUM.id - Menurutnya, berbicara mengenai hal itu kepada Muhammadiyah seperti mengajari ikan berenang di air.
Zulkifli Hasan : Mengajari Muhammadiyah Pancasila Seperti Mengajari Ikan Berenang

Pontianak, KUNTUM.id- Zulkifli Hasan (Wakil Ketua Umum MPR) menyampaikan keseganannya pada Muhammadiyah saat memberikan ceramah empat pilar kebangsaan pada pembukaan Tanwir PP IPM 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat. Menurutnya, berbicara mengenai hal itu kepada Muhammadiyah seperti mengajari ikan berenang di air.

“Muhammadiyah itu sudah mengamalkan empat pilar kebangsaan sejak 100 tahun lebih, saya seperti mengajari ikan berenang di air, tapi karena sudah tugas ya saja jalankan, ” ungkap Zulkifli Hasan dengan nada tertawa pada Jumat (15/11/2019).

Ia melanjutkan bahwa Muhammadiyah menjadi pilar penting toleransi antar umat di Indonesia. Organisasi islam ini dianggap memberikan aksi nyata terkait isu toleransi yang sering dibahas di tanah air belakangan.

“Mereka punya banyak kampus di Indonesia Timur yang mayoritas mahasiswanya non muslim. Jadi dalam toleransi pun muhammadiyah sudah memberikan bukti nyata,” tambah Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini.

Ia menyebut banyak tokoh Muhammadiyah pada masa silam yang terlibat aktif membentuk empat pilar itu sendiri yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. “Jadi kalau ingin Indonesia terjaga, pemerintah sudah seharusnya mendukung penuh setiap agenda Muhammadiyah,” tutupnya.

Penulis : Hammam Izzuddin